Download & Edit Contoh Surat Lamaran Kerja Word 2023 (2024)

Dengan mengirim surat lamaran kerja Word yang baik dan benar, seorang pelamar fresh graduate punya peluang besar untuk diterima kerja.

Cara membuat lamaran kerja di Word itu mudah. Download contoh atau template lamaran kerja di sini dan edit di MS Word untuk disesuaikan data profil kamu. Lalu, kirim ke perusahaan baik lewat aplikasi WA atau email.

Yuk, pelajari gambaran surat lamaran kerja dan cara membuatnyadi MS Word yang baik dan benar.

Daftar isi

Gambaran Umum Surat Lamaran Kerja

Download & Edit Contoh Surat Lamaran Kerja Word 2023 (1)

Sebetulnya, perjuangan terberat untuk diterima kerja adalah membuat kamu unik dan menarik di mata HR perusahaan. Sebagai pelamar, kamu akan bersaing dengan banyak pelamar lain yang mengirim berkas lamaran kerja.

Tujuan dari lamaran kerja adalah untuk menarik perhatian pihak perusahaan atau individu yang membuka lowongan pekerjaan. Selain itu, melalui surat kamu dapat menunjukkan bahwa kamulah yang paling coco*k untuk mengisisi posisi loker yang sedang kosong (vacant).

Seringkali, surat lamaran kerja ini mirip satu sama lain sehingga kurang menarik di mata HR perusahaan. Sebagai pelamar kerja, kamu perlu membuat surat lamaran kamu nampak lebih menarik dibanding surat pelamar lainnya.

Salah satu cara yang dapat kamu tempuh untuk menarik perhatian HR adalah membuat surat lamaran kerja tulis tangan.

Umumnya surat perlu diawali dengan sapaan pembuka, dan harus diakhiri dengan sapaan penutup.. Surat lamaran kerja biasanya terdiri dari 3 bagian pokok, yaitu: pembuka, isi dan penutup.

Berikut penjelasannya.

Bagian pembukaan surat

Bagian pembuka lamaran kerja adalah bagian surat yang berisi salam pembuka yang akan dituliskan di bagian atas surat setelah alamat penerima.

Bagian pembuka surat lamaran kerja bertujuan untuk memperkenalkan diri kamu kepada pihak perusahaan atau individu yang akan menerima surat lamaran kerja. Kamu perlu membuat penerima surat merasa relevan dengan kamu sebagai pelamar.

Pembuka surat umumnya dimulai dengan salam seperti “Dengan hormat,“. Baca penjelasan lengkap kami tentang salam pembuka surat lamaran kerja.

Bagian inti (pokok) surat

Bagian pokok surat lamaran kerja adalah bagian surat yang menjelaskan mengapa kamu adalah kandidat paling coco*k untuk posisi loker. Bagian ini berisi kualifikasi kamu sebagai pelamar. Tunjukkan bahwa kamu relevan dengan lowongan.

Di bagian inti surat, kamu dapat memunculkan daftar lampiran sebagai informasi tambahan bagi HR. Melalui bagian ini, kamu bisa tampak lebih menarik daripada pelamar lain.

Pastikan untuk menulis surat lamaran kerja dengan bahasa yang formal dan tidak mengandung kesalahan ejaan atau tata bahasa. Baca penjelasan kami tentang menulis bagian-bagian surat lamaran kerja secara sistematis.

Bagian penutup surat

Bagian penutup lamaran kerja adalah paragraf terakhir yang mengakhiri surat dan menunjukkan bahwa kamu menghargai perhatian penerima surat.

Bagian ini bertujuan untuk menginformasikan tentang harapan kamu untuk dapat bertemu dengan penerima surat dan berdiskusi lebih lanjut tentang posisi yang sedang dilamar.

Di bagian penutup lamaran cantumkan kontak kamu sehingga HR dapat menghubungi kamu lagi. Baca penjelasan kami tentang membuat penutup surat lamaran kerja yang baik.

Beberapa Contoh Surat Lamaran Kerja di MS Word

Download & Edit Contoh Surat Lamaran Kerja Word 2023 (2)

Contoh surat lamaran pekerjaan Word via email

Kepada: hrd@ptbahagiamakmursejahtera.com

Subject: Lamaran Kerja – Junior Food Developer – Vania Widodo

Kepada yth.

Bapak Choky Simamora

PT Bahagia Makmur Sejahtera

Perkenalkan, saya Vania Widodo, sarjana jurusan Teknologi Pangan. Dengan ini, saya melamar sebagai Junior Food Developer di PT Bahagia Makmur Sejahtera.

Saya lulusan S1 jurusan Teknologi Pangan dari Institut Pertanian Suryakencana. Saya memiliki pengalaman magang dalam proses pengolahan dan pengepakan biji kopi, dan Bapak dapat memanfaatkan pengalaman saya ini untuk membantu pekerjaan dalam perusahaan Bapak.

Saya juga memiliki sertifikat dalam pelatihan Food Safety. Sewaktu kuliah, saya pernah menolong riset dosen saya tentang alur pengembangan produk kopi dari konsepsi hingga peluncuran produk cappucino. Dengan ini, saya merasa kemampuan saya dapat membantu organisasi PT Bahagia Makmur Sejahtera dalam mengembangkan produknya.

Demikian saya sampaikan lamaran pekerjaan ini. Resume saya terlampir bersama email ini. Besar harapan saya untuk dapat melanjutkan proses rekrutmen pada perusahaan Bapak. Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Vania Widodo

Kamu dapat mengunduh contoh surat lamaran ini pada link ini -> Download Surat Lamaran Kerja Word

Contoh Surat Lamaran Kerja Word melalui Pos

Jakarta, 23 November 2022Kepada yth.Bapak Choky SimamoraKepala HRDPT Bahagia Makmur SejahteraJalan Rasuna Said 56Jakarta 14578Yang terhormat Bapak Choky Simamora,Perkenalkan, saya Vania Widodo, sarjana jurusan Teknologi Pangan. Dengan ini, saya melamar sebagai Junior Food Developer di PT Bahagia Makmur Sejahtera.Saya lulusan S1 jurusan Teknologi Pangan dari Institut Pertanian Suryakencana. Saya memiliki pengalaman magang dalam proses pengolahan dan pengepakan biji kopi, dan Bapak dapat memanfaatkan pengalaman saya ini untuk membantu pekerjaan dalam perusahaan Bapak.Saya juga memiliki sertifikat dalam pelatihan Food Safety. Sewaktu kuliah, saya pernah menolong riset dosen saya tentang alur pengembangan produk kopi dari konsepsi hingga peluncuran produk cappucino. Dengan ini, saya merasa kemampuan saya dapat membantu organisasi PT Bahagia Makmur Sejahtera dalam mengembangkan produknya.Demikian saya sampaikan lamaran pekerjaan ini. Resume saya terlampir bersama surat ini. Besar harapan saya untuk dapat melanjutkan proses rekrutmen pada perusahaan Bapak. Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.Hormat saya,Vania Widodo, STP

Untuk melihat layout dari contoh surat ini, silakan download surat lamaran kerja bisa di edit sendiri di MS Word kamu.

Contoh Lamaran Kerja Word lewat WhatsApp

Selamat pagi, Bapak Binsar Sitohang,Perkenalkan, saya Vania Widodo.Saya membaca informasi dari internet bahwa perusahaan Bapak sedang membuka lowongan pekerjaan sebagai Food Expert.Karenanya, saya ingin melamar posisi tersebut.Kebetulan, saya memperoleh nomor WhatsApp Bapak dari paman saya yang bekerja di perusahaan Bapak, yaitu Bapak Robert Simamora.Saya memiliki pengalaman dalam bidang food processing selama 1 tahun, sehingga saya berminat untuk membantu perusahaan Bapak. Dan bila Bapak berkenan, saya hendak mengirimkan berkas atas resume dan pengalaman magang saya.Bolehkah saya tahu, syarat-syarat apa saja yang Bapak perlukan agar saya dapat melamar di perusahaan ini? Dan ke mana saya perlu mengirimkan berkas surat lamarannya?Terima kasih, Bapak, atas perhatiannya. Selamat pagi.

Jika kamu ingin memodifikasi teks di atas untuk lamaranmu sendiri, kamu dapat melakukannya setelah kamu mengunduh contohnya di tautan Download Lamaran Kerja Word.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Word yang Baik dan Benar

Download & Edit Contoh Surat Lamaran Kerja Word 2023 (3)

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat lamaran kerja di Microsoft Word:

  1. Buka Microsoft Word pada komputer kamu.
  2. Klik “File” di bagian kiri atas layar, lalu pilih “New” untuk membuka jendela baru.
  3. Pilih “Templates” di sisi kiri jendela baru, lalu ketik “job application letter” pada kotak pencarian.
  4. Pilih salah satu template lamaran kerja yang tersedia.
  5. Ganti teks yang ada pada template dengan teks yang diinginkan. Anda dapat menggunakan teks dari contoh lamaran kerja yang telah disediakan atau menulis teks lamaran kerja sendiri. Kamu juga bisa copy paste teks lamaran kerja dari contoh yang kamu download dari link di atas.
  6. Sesuaikan font, ukuran font, dan format teks sesuai dengan keinginan Anda.
  7. Tambahkan gambar atau tabel jika diperlukan dengan mengklik “Insert” di bagian atas layar dan memilih opsi yang diinginkan.
  8. Simpan lamaran kerja Anda dengan mengklik “File” di bagian kiri atas layar, lalu pilih “Save As” dan pilih lokasi penyimpanan yang diinginkan. Beri nama file sesuai dengan keinginan Anda.
  9. Jika sudah selesai, cetak lamaran kerja Anda dengan mengklik “File” di bagian kiri atas layar, lalu pilih “Print” dan ikuti instruksi yang muncul.

Perlu diingat bahwa format lamaran kerja mungkin berbeda tergantung pada perusahaan atau individu yang menerima lamaran kerja. Selain Microsoft Word, kamu juga dapat memanfaatkan aplikasi untuk membuat surat lamaran kerja di handphone.

Pengiriman Surat Lamaran Pekerjaan

Selanjutnya, kamu dapat mengirim surat lamaran kerja melalui beberapa saluran. Misalnya saja melalui email, via pos, atau melalui aplikasiWA atau facebook messenger. Tentunya, harus sesuai dengan yang diminta oleh pihak perusahaan.

Nah, kini kamu sudah mengetahui contoh surat lamaran kerja. Namun, sebelum mengiriminya, pelajari juga unsur dan struktur surat lamaran kerja yang baik dan benar ya.

Artikel ini telah dioptimasi pada Desember 2022 oleh Purwanto

Bagus nih konten. Sharing ah ke network

Download & Edit Contoh Surat Lamaran Kerja Word 2023 (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Arielle Torp

Last Updated:

Views: 5938

Rating: 4 / 5 (61 voted)

Reviews: 84% of readers found this page helpful

Author information

Name: Arielle Torp

Birthday: 1997-09-20

Address: 87313 Erdman Vista, North Dustinborough, WA 37563

Phone: +97216742823598

Job: Central Technology Officer

Hobby: Taekwondo, Macrame, Foreign language learning, Kite flying, Cooking, Skiing, Computer programming

Introduction: My name is Arielle Torp, I am a comfortable, kind, zealous, lovely, jolly, colorful, adventurous person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.